RSS

Belajar Gitar Yuukk…

23 Apr

My Guitar

Sudah setahun lebih nih belajar gitar, dari genjreng-genjreng gitar-nya Wanda di Samarinda, sampai sekarang genjreng-genjreng pake APX 500II white-ku. Awal belajar, sempat privat 5 kali pertemuan, tapi berhubung mesti ngerjain proyek di Soroako, berhenti deh privatnya, trus lanjut belajar gitar melalui youtube, buku, artikel-artikel, dan nanya teman-teman, jadi sampai saat ini aku meng-kategorikan diri sendiri sebagai pemula, soalnya cuman bisa chord sederhana dengan teknik strumming dan petikan sederhana juga. Padahal kalau melihat youtube, teknik-teknik gitar banyaaakkkkk banget. dan keren-keren… Mimpinya bisa fingerstyle canggih kayak Sungha Jung.. 🙂

But, beberapa lagu untuk pemula sudah bisa dimainkan dengan agak lancar ^_^. Nah, proses mencari chord lagu yang sesuai untuk pemula ternyata lumayan seru juga, karena banyak terms and conditionnya, hehehehehe.

Misalnya:
chord lagu sebisa mungkin tidak memiliki bar chord. Menurutku, bar chord ini musuh utama pemula. Ampun dah, sampai sekarang juga masih sering fals tiap menggunakan bar chord, apalagi kalau memainkan lagu dengan ritme cepat. Jadi kunci F dan Bm yang terdapat dalam nada dasar C, dimainkan tanpa bar chord.
Trus chord lagu yang memiliki # (kres)-nya minimal atau kalau bisa ga ada, hehehehe
Trus chord lagu yang perpindahan kuncinya paling cepat 2 ketukan 🙂
Terakihr hal lain yang kusyaratkan buatku adalah, aku sangat mengenal lagu tersebut. Jadi punya feeling perpindahan nada dan iramanya.

Dengan segala upaya dan ketentuan-ketentuan di atas, terkumpullah beberapa chord lagu buat pemula yang sering kumainkan. Dan rasanya sayang kalau tidak di sharing, walaupun chord-chord ini bukan buatan sendiri, tapi kuambil dari berbagai sumber, siapa tau ada beberapa pemula lain di luar sana yang juga membutuhkan kumpulan chord buat pemula.

Silahkan klik categories Chord Gitar (pemula) disamping untuk bisa meng-akses semua chord.

 
Leave a comment

Posted by on April 23, 2014 in MY OWN

 

Tags:

Leave a comment